Polinomial (suku banyak) dan Metode Horner

Pembagian Metode Horner
Cara Horner merupakan metode cepat untuk membagi suku banyak, tetapi cara ini hanya dapat digunakan jika pembaginya berbentuk x – k [ingat bahwa x + k = x – (–k)]. Dengan cara ini, kita hanya menuliskan bagian-bagian penting dalam pembagian bersusun. Mari kita bandingkan pembagian bersusun dengan cara Horner untuk membagi 6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan x + 7.
Perhatikan bahwa dalam cara Horner kita singkat 6x³ + 43x² + 5x – 13 dengan hanya menuliskan koefisien-koefisiennya: 6, 43, 5, dan –13, dan kita tuliskan pembagi x + 7 dengan –7. (Dengan menuliskan –7 kita tidak perlu untuk melakukan pengurangan, melainkan penjumlahan. Tetapi penggantian tanda ini menyebabkan pergantian tanda juga pada bilangan-bilangan pada kotak warna abu-abu.)
Secara garis besar, cara Horner untuk membagi suku banyak berderajat tiga adalah sebagai berikut. (Cara Horner untuk suku banyak yang berderajat lebih tinggi memiliki pola yang serupa.)

Metode Horner (untuk Suku Banyak Berderajat Tiga)
Untuk membagi ax³ + bx² + cx + d dengan x – k, kita lakukan cara berikut.
Pola vertikal: Jumlahkan suku dalam kolom.
Pola horizontal: Kalikan hasilnya dengan k.

Contoh berikutnya menunjukkan bagaimana menggunakan cara Horner dalam pembagian suku banyak.
Contoh 3: Menggunakan Cara Horner
Gunakan cara Horner untuk membagi x⁴ – 5x³ – 2x² + 11x – 1 dengan x – 5.
Pembahasan Pertama kita tuliskan koefisien-koefisien yang bersesuaian untuk menunjukkan suku banyak yang dibagi dan pembagi.

Berdasarkan baris terakhir di atas, kita dapat melihat bahwa hasil baginya adalah x³ – 2x + 1 dan sisanya adalah 4. Sehingga


UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

0 komentar:

Powered by Blogger.