Triks Mempelajari Logika (Bagian 2)

Lanjutan Trik's memahami/belajar logika, setelah paham tentang dasar-dasar logika seperti kalimat bermakna/bukan bermakna, pernyataan/bukan pernyataan, pernyataan berkuantor, negasi suatu pernyataan , selanjutnya perlu dipelajari dan dipahami nilai kebenaran, termasuk tabel kebenaran dari suatu pernyataan.. Berhubungan dengan manfaat lagika , pola pikir kita akan dilatih dalam pembahasan pernyataan majemuk (konjungsi, disjungsi, implikasi/implikasi logis, bi-implikasi), pernyataan ekuivalen, tautologi dan kontradiksi, penarikan kesimpuan (modus ponens, modus tolens, silogisme)

1. Nilai kebenaran 
    Nilai kebenaran suatu pernyataan dari satu pernyataan ada 2 ( benar atau salah ) , nilai kebenaran dari 2 pernyataan ada 4 (BBSS), nilai kebenaran dari 3 pernyataan ada 8 (BBBBSSSS) atau secara singkat untuk n pernyataan ada 2^n nilai kebenaran.


2. Tabel kebenaran suatu pernyataan
    Perlu dipahami tentang pendistribusian nilai benar salah dalam sebuah kolom sesuai dengan pernyataan yang ada. Pernyataan pada kolom pertama, nilai benar salah didistribusikan (BBBB..SSSS..) untuk kolom kedua pendistribusian benar salah diletakan dengan aturan setengah dari kolol sebelumnya (BB..SS..BB..SS..) dan seterusnya. Untuk pernyataan negasi dari pernyataan pada kolom sebelumnya pendistribusian nilai benar salah dengan cara menegasikan nilai kebenaran pernyataan yang dimaksud.


3. Pernyataan Majemuk (bersambung)

UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

4 komentar:


  1. template baru lagi ya, mantap keep spirit


  1. Bapak kan udah banyak penggemar... hehehe....
    Eh, pak... ajarin bikin pendeteksi pengunjung kayak punya bapak di samping dong...


  1. mampir sahabat salam dari pinrang


  1. rajin posting aja pak ama blogwalking

Powered by Blogger.