Standart Kompetensi Lulusan PLPG Guru Matematika

Sertifikasi guru tahun 2011 sekarang dalam proses administrasi dari guru-guru peserta sertifikasi guru. Seperti tahun sebelumnya sertifikasi diikuti oleh guru negeri dan swasta, bedanya kalau sekarang porto folio dikumpulkan setelah peserta mengikuti ) kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). PLPG rencananya dilaksanakan sekitar bulan Agustus atau September 2011.


 

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru

(PLPG) Mata Pelajaran Matematika adalah:

(1) memahami karakteristik peserta didik dan mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dan mendidik,

(2) memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan erakhlak mulia,

(3) menguasai keilmuan dan kajian kritis pendalaman isi bidang pengembangan peserta didik (keimanan, ketaqwaan, akhlak mulia, sosial dan kepribadian, pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga dan kesehatan),

(4) mampu berkomunikasi dan bergaul dengan peserta didik, kolega, dan masyarakat.

Untuk pencapaian SKL tersebut, maka materi diklat yang akan dipelajari adalah sebagai berikut.

  1. Pengembangan Profesionalisme Guru, yang meliputi:

tugas-tugas guru profesional,

karateristik peserta didik sebagai landasan pengembangan program pembelajaran,

dan pengembangan pembelajaran yang mendidik dan kontekstual.

2. Pendalaman materi mata pelajaran Matematika yang belum dikuasai oleh sebagian besar guru, yang meliputi:

(a) Limit Fungsi, yang meliputi:

    Limit fungsi di satu titik dan ditakhingga peserta teknik perhitungannya; Sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi dan kontinuitas fungsi; Konsep, sifat, dan aturan dalam perhitungan turunan fungsi; Konsep turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah; Konsep, sifat, dan aturan dalam perhitungan integral tak tentu dan integral tentu; dan Menganalisis konsep integral untuk menghitung panjang busur, luas daerah, luas permukaan benda putar, dan volume benda putar;

(b) Trigonometri, yang meliputi:

Sifat dan aturan tentang fungsi trigonometri, rumus sinus dan cosinus dalam pemecahan masalah; Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan fungsi trigonometri; Rumus trigonometri jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda; Rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dan sudut ganda; Persamaan dan pertidaksamaan trigonometri; dan Persamaan trigonometri dari sebuah grafik;

(c) Aljabar, yang meliputi:

    Pemecahan masalah sehari-hari dengan menggunakan logika matematika; Konsep operasi himpunan untuk menyelesaikan permasalahan; Jenis-jenis relasi; Jenis-jenis fungsi: Sifat dan aturan fungsi komposisi dalam pemecahan masalah; Sifat dan aturan fungsi invers dalam pemecahan masalah; Akar, pangkat, dan logaritma untuk penyelesaian masalah; Aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan pangkat, akar, dan logaritma; Sifat dan aturan tentang akar persamaan kuadrat, diskriminan, sumbu simetri, dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dalam pemecahan masalah; Sifat dan aturan tentang sisitem persamaan linier dan kuadrat dalam pemecahan masalah; Sifat dan aturan pertidaksamaan satu variabel dalam pemecahan masalah; Model matematika sistem pertidaksamaan linier; Sifat-sifat materiks dan operasinya; Konsep deret aritmetika dan geometri untuk penyelesaikan permasalahan;

(d) Peluang dan Statistika, yang meliputi:

Data, tabel, dan diagram; Ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data serta penafsirannya; Permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah; Peluang kejadian dari berbagai situasi serta tafsirannya; Statistik Inferensial; (e) Geometri, yang meliputi: Hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut serta menetukan ukurannya; Konsep segi empat dan segitiga serta menetukan ukurannya; Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah; Unsur, bagian lingkaran serta ukurannya; Sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentuka ukurannya; Bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen; Mengidentifikasi konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah; Unsur-unsur tabung, kerucut dan bola; Masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola; Komponen, menggambar, dan volum benda ruang; Abstraksi ruang untuk menghitung jarak dan sudut antara; Menganalisis irisan bidang dan ruang; dan Transformasi geometri dalam menyelesaikan masalah.


 

3. Model-model Pembelajaran, Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Asesmen Pembelajaran, yang meliputi:

(a) Perencanaan Pembelajaran, yang meliputi: Kurikulum matematika SMP/SMA, Silabus matematika SMP/SMA, RPP matematika, Tujuan instruksional (kompetensi), Kompetensi Dasar, Indikator, Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM), Strategi dan media pembelajaran, Menyusun dan menerapkan alat evaluasi;

(b) Model dan Inovasi Pembelajaran, yang meliputi: Berbagai teori belajar dalam PBM, Berbagai model, strategi, pendekatan, metode, teknik pembelajaran yang PAIKEM, Teori dan model pembelajaran PAIKEM;

(c) Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran, yang meliputi: Pengertian dan kegunaan tes, pengukuran, dan penilaian hasil belajar, Etika pengetesan, pengukuran, dan penilaian, Tabel spesifikasi dan kisi-kisi, Syarat tes yang baik, Butir soal objektif dan uraian, Pedoman penskoran, Teknik pengolahan dan pengadministrasian tes, Instumen non tes, Bergabagai pendekatan penilaian yang sesuai, Mengolah dan menentukan nilai akhir,

(d) Media Pembelajaran, yang meliputi: Pengertian belajar dan media pembelajaran, Fungsi media pembelajaran, Perkembangan media pembelajaran dari waktu ke waktu, Fungsi dan manfaat media pembelajaran, Pola dan strategi pemanfaatan media pembelajaran, Prinsip penggunaan media pembelajaran, Peralatan media pembelajaran, Teknik memilih media pembelajaran.

4. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah, yang meliputi:

Proposal PTK,

Persiapan pelaksanaan PTK,

Garis besar karya tulis ilmiah.

5. Pelaksanaan Pembelajaran (Peer Teaching), yang meliputi:

Keterampilan dasar mengajar,

Membuka dan menutup pelajaran,

memberi penguatan,

mengadakan variasi,

menjelaskan,

memimpin diskusi,

mengelola kelas,

mengajar kelompok kecil dan perorangan,

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

4 komentar:


  1. Salam Kenal Masss...tukaran Link Yuk


  1. mantabs gan, lagi lagi terus lagi

  1. Anonymous

    terima kasih mas infonya..
    buat pakdhe saya..
    salam kenal

Powered by Blogger.