Info Pendidikan, di Hari Pertama PelaksanaanUN 2011 Terjadi Kesalahan Soal

Hari pertama UN 2011 tingkat SMA ada beberapa kejadian yang pada UN tahun sebelumnya tidaak pernah terjadi. Jam pertama terdapat kesalahan kode paket mata uji bahasa indonesia dimana kode paket soal antara halaman soal dan lembaran didalamnya tidak sama terjadi di ruang satu. Selain itu di jam pertama ada kekurangan satu lembar soal di ruang 7. Pada jam kedua seharusnya mata pelajaran Biologi ternyata ada dua paket soal merupakan mata pelajaran matematika terjadi di ruang 6 sub rayon 07 Rayon 26 SMAN 1 Pagak Kabupaten Malang.


Kesalahan kode paket soal yang terjadi pada mata pelajaran program bahasa, halaman sampul soal tertulis "Paket 12" sedangakan di lembar soal berikutnya tertulis "Paket 25".Untuk soalusi masalah kesalahan kode paket soal ini pengawas Independen dari perguruan tinggi bersama panitia UN 2011 Sub Rayo 07 Rayon 27 bagian distribusi soal memberikan kode "Paket 25" sebagai penggatinya. Kesalahan kode paket soal merupakan kesalahan yang fatal terhadap hasil yang diperoleh siswa apabila tidak cepat diketahui, karena setiap lembar jawab komputer harus dicantumkan kode paket soal secara benar.
Jam pertama masih berjalan 60 menit, pengawas ruang 7 melaporkan adanya kekurangan lembar halaman soal. Paket soal 12 di ruang tersebut kurang satu lembar, padahal kode paket soal tersebut untuk program IPS tidak ada, kecuali cadangan. Untuk solusinya diserahkan kepada pengawas independen dari perguruan tinggi, yaitu siswa yang bersangkutan dipinjamkan lembar soal untuk kode paket yang sama kepada temannya dibawah pengawasan dari perguruan tinggi.

Kesalahan di jam kedua, untuk program IPA seharusnya mata pelajaran biologi, di dalam sampul soal Biologi tersebut terdapat mata pelajaran Matematika. Soal Biologi kode D10 dalam satu sampul soal yang terdiri dari kode paket 12, 25, 39,46, 54 terdapat 2 paket soal mata pelajaran Matematika dengan kode soal D11 yang seharusnya diujikan di hari kedua yaitu Selasa, 19 April 2011.


Mengetahui kesalaham mata uji tersebut ketua Sub rayo 07 Rayon 27 SMAN 1 Pagak, Drs. Supa'at, M.Hum mengambil langkah memanggil pengawas independen dari perguruan tinggi. Dua lembar soal Matematika yang salah sampul tersebut diantar kembali ke Polsek Pagak di Sumbermanjingkulon oleh panitia UN bagian distribusi soal bersama pengawas independen tersebut.


Untuk menenangkan siswa, ketika jam istirahat peserta UN dikumpulkan oleh salah satu guru. Dalam keempatan itu, disampaikan bahwa kesalahan kode paket soal tersebut di atas bukan kesalahan siswa atau sekolah, oleh karena itu siswa diharapkan tetap konsentrasi kepada pelaksanaan ujian berikutnya. Dan ditegaskan kembali agar peserta tidak membawa HP, juga lebih teliti dalam penghitaman lembar jawaban dan identitas peserta.



UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

9 komentar:


  1. wah kacau, apakah karena ketidak becusan kerja panitia pusat ataukah ada udang dibalik batu...


  1. waduh, moga besok nda terulang, panitianya perlu dijewer ndk neeh... heheheh


  1. @Catatan si Boy : ini sistem dan model baru semua kemungkinan muncul, bisa jadi ada udangnya juga.


  1. @cerita dewasa : kesalahan dalam pengepakan soal kayaknya.


  1. kekhilafan tidak bisa di lepaskan dari manusia, tapi kalau sudah berulang kali terjadi, itu yang perlu dipertanyakan..

    kita lihat saja hari selanjutnya, apakah masih ada kejadian seperti ini.. :D


  1. sampai hari ketiga masih selalu ada troubel mas


  1. Udah tegang , ada kekurangan dan kesalahan lagi ya...

    semoga aja lancar2 dan tidak terulang kembali, agar bisa lebih masimal untuk mengerjakan soalan nya.


  1. @IbuDini : amin mbak, hari ini yang terakhir UN tingkat SMA, semoga sukses semua Amin


  1. selamat pak udah selesai UAN nya sekarang SMP menyusul nih

Powered by Blogger.