Belanja Bijak Untuk Anak Sekolah

Harga kebutuhan tidak ada yang murah,
Pengeluaran perminggu atau perbulan untuk anak sekolah, perlu dirancang sedemikian rupa agar uang saku, uang jajan mencukupi untuk kebutuhan hidup. Belanja bijak untuk anak sekolah sangat diperlukan !!!.


Siswa SMA kelas XII yang lagi menunggu pengumuman lulus sambil berpikir melanjutkan sekolah, minimal ada dua pemikiran, yaitu terguruan tinggi mana yang akan dipilih dan biaya untuk pendidikannya dari orang tua apakah mencukupi, apalagi kalau nanti harus indekos.


Biaya yang harus dikeluarkan dijalur pendidikan tinggi selain biaya pendidikan, sangatlah perlu dipikirkan adalah biaya hidup sehari-hari bagi anak sekolah. Karena untuk biaya pendidikan sudah jelas dibayarkan hanya disetiap awal semester, tentu orang tua sudah mempersiapkan jauh-jauh hari. Sedangkan biaya hidup sehari hari bisa didapat dari orang tua secara berkala, satu minggu sekali atau satu bulan sekali.


Untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang paling utama adalah tekad dan niat, tetapi bukan bonek (bondo nekad), karena perlu mensiasati dengan cara Belanja Bijak Untuk Anak Sekolah. Kalau tidak disiati, seberapa banyaknya uang saku dari orang tua pasti lenyap sebelum waktunya. 

Sekarang memang serba mudah untuk berbelanja, kalau kita punya orang tua yang mampu sehingga kita mempunyai kartu kredit sendiri, belanja apa saja hanya tinggal nggesek. Perlu uang tunai juga tinggal nggesek, tanpa perhitungan, hanya memperbesar beban utang, yang tentunya harus dibayar orang tua.


Belanja Bijak Untuk Anak Sekolah, maksudnya adalah cara mensiasati agar keuangan mencukupi sampai batas yang ditentukan. Agar tahu preoritas kebutuhan kita dalam sebulan, caranya mudah sekali, anda bisa mencatat semua pembelanjaan dalam setiap hari dari yang terbesar sampai terkecil, beli permen/gula-gula satupun harus tercatat. Dari daftar itu kita bisa mengetahui mana yang paling sering menjadi kebutuhan kita dalam satu bulan atau satu minggunya sesuai jatah penerimaan uang saku daru orang tua.


Barang-barang yang sering dibeli itulah yang bisa kita sediakan ketika baru mendapatkan uang dari orang tua. Untuk barang-barang yang kita perlukan lebih banyak dibandingkan dengan yang lain itu, lebih hemat kalau kita berbelanja langsung satu kali, untuk kebutuhan sebulan atau seminggu. Berbelanja banyak untuk satu jenis barang akan lebih murah dibandingkan belanja satu-satu, asal bukan belanja di supermarket atau di minimarket. 


Berbelanja banyak barang akan lebih murah kalau dilakukan di agen, karena agen biasa sebagai tempat belanja toko-toko yang lain. Misalnya harga susu kaleng bisa selisih Rp. 5000,- lebih murah di agen dibandingkan di supermarket. Hanya saja para mahasiswa mahasiswi lebih kelihatan bergengsi kalau belanja di supermarket.

Ketika belanja, jangan tergoda dengan promo-promo jika barang itu tidak pada daftar barang kebutuhan yang akan kita beli. Sebagai sang penggoda selain barang promo juga makanan-makanan kecil seperti coklat.


Belanja bijak untuk anak sekolah, dimana mendapatkan agen ???
Agen biasanya tidak memasang nama toko, sebagai tanda agen itu, sering didatangi mobil-mobil box pengantar barang atau sebagai belanja orang-orang yang punya toko. Barangkali disekitar tempat kos anda ada yang seperti itu, itulah agen yang melayani pembelian barang harga grosir.


selamat mencoba, dan semoga sukses

UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

0 komentar:

Powered by Blogger.