Penyangga Kehidupan

Tema Hari Lingkungan Hidup 2011 tentang “Forests: Nature at your Service” atau “Hutan Penyangga Kehidupan” apa hubungannya dengan ketiga stum pembangkit listrik PLTA " Sutami " Karangkates diatas ??

Penyangga kehidupan adalah terpenuhinya kebutuhan untuk hidup diri pribadi atau masyarakat dunia secara umum. Kebutuhan kehidupan dewasa ini sangat luas, mulai dari kebutuhan primer maupun sekunder. Bahkan kebutuhan sekunder pada masa sekarang banyak yang menjadi kebutuhan primer. Contohnya kebutuhan akan listrik, yang sebenarnya bukan kebutuhan primer tetapi karena pola kehidupan modern yang selalu dekat dengan berbagai peralatan dengan sumber daya listrik maka terganggunya listrik akan berdampak sangat luas.


PLTA " Sutami" yang menyediakan listrik se Jawa-Bali tergantung terhadap tiga tabung orange yang terletak diatas generator bergiga kumparan di Waduk karangkates. Tabung ini berguna memperbesar daya tekan air terhadap kincir raksasa yang menggerakkan turbin. Besar daya tekan air berbanding lurus dengan penuh tidaknya tabung terisi air dari waduk. Debit air waduk karangkates tergantung sumber-sumber air disekitarnya. Ketika hutan jati di lereng pegunungan kapur masih baik, air waduk tanpa masalah, tapi sejak penebangan liar di tahun 1998 an, sumber air itu mulai terjadi penyusutan produksi air. Apa dampaknya sekarang ???

Pemadaman bergilir, dikarenakan tidak mencukupinya daya listrik memenuhi kebutuhan. Penyebabnya selain banyaknya tambahan pelanggan juga kurangnya daya pembangkit listrik itu sendiri. Daya berkurang karena mengikuti berkurangnya debit air. Sedangkan debit air hanya mengikuti jumlah produksi sumber air yang kembang kempis diwaktu kemarau, karena hutan sebagai banker air habis untuk memenuhi serakahnya manusia.
Hanyalah salah satu contoh satu contoh, hutan sebagai penyangga kehidupan dimasa sekarang tentang hubungan hutan dengan kebutuhan listrik. Padahal sperti yang kita ketahui bersama penetralisir zat carbon adalah tumbuhan yang mengubahnya menjadi oksigen. Oleh karena itu hutan disebut paru-paru dunia. Hari ini 5 Juni 2011 saya ucapkan "SELAMAT HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA" “Forests: Nature at your Service”.

UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

5 komentar:


  1. Terima kasih telah menjawab "Tantangan untuk Para Blogger".

    PLTN sering mengeluh lantaran suplai air yang gak mencukupi untuk menggerakkan turbin2 pembangkit listriknya. kenapa, karena hutan sebagai pengatur daur air banyuak yang rusak.

    Selamat Hari Lingkungan Hidup 2011; Selamatkan Hutan Sang Penyangga Kehidupan.
    Yang belum menjawab tantangan dari Alamendah langsung ceck TKP di: alamendah.wordpress.com/2011/06/03/tantangan-untuk-para-blogger-indonesia/


  1. Selamat. Anda layak dapat juara. :D :D

    saiya belum sempat ngeposting....

    salam,


  1. bagus pak turut menjawab tantangan Pak Alamendah semoga banyak yang tergugah dengan gerakan yang mulia ini


  1. wah hebat neh , mantab mas,


  1. Semoga semakin banyak yang menyadari bahwasannya hutan sebagai paru-paru dunia. Satu contoh postingan yang menarik ini pun menjadi sangat berarti.
    Salam!

Powered by Blogger.