Diklat Pendidikan Lalu Lintas Dinas Pendidikan Jatim

Berbagai problematika bangsa ini disinyalir bisa diperbaiki mulai dari penanaman disiplin siswa yang nota bene adalah penerus bangsa ini. Ketidakdisiplinan banyak dijumpai di mana saja dan dilakukan oleh berbagai profesi. Pelaku ketidakdisiplinan jelaslah merupakan mantan siswa. Hal ini yang melatarbelakangi dilaksanakannya diklat pendidikan lalu lintas oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur di Batu-Malang bagi pembina OSIS SMP dan SMA.

Surat tugas untuk mengikuti workshop kesiswaan atau pembina osis dari dinas pendidikan sampai di sekolah, sebagai pertanda harus mengikuti program dari Dinas Pendidikan tingkat propinsi Jawa Timur pada tanggal 17 s.d 19 Oktober 2011 tersebut. Pada surat tugas ditentukan cek in di hotel Surya Kota Batu jam 13.00 dan pembukaan dilaksanakan jam 16.00 wib. Ketika sudah siap akan berangkat, datang sms dari teman yang berasal dari Nganjuk :

" Nyach aku njaluk duweke, aku ono hotel Surya Batu (Nyach saya minta uangnya, aku ada di hotel Surya Batu) " itu bahasa gurauan temen akrab saya sejak merantau di Tana Toraja tahun 1998 s.d 2001.

Sms terus berlanjut, dan saya sampaikan kalau saya akan kesitu juga. Saya juga pesan, kalau bisa dibookingkan kamar, agar satu kamar dengan dia. Ternyata bisa, dan ada pesan " ojo kesusu budal, sebab pembukaane jam 19.00". Bingung juga saya mendapatkan pesan itu, " kok tidak sesuai surat tugas.

Setelah menyelesaikan berbagai tugas yang berhubungan dengan kepentingan sekolah dan berhenti ditepi jalan karena untuk berteduh dari hujan, jam 15.30 sampai di Jalan Oro oro Ombo Kota Batu Malang. Sesuai pembertahuan teman kamarnya nomor 207, makanya setelah parkir motor, langsung naik ke lantai 2, karena nomor awal dari kamar menunjukan di mana lantai kamar itu berada. Ketemu kamar A 207, mau saya ketuk pintu kok tidak enak, karena terdengar suara ibu-ibu dari dalam kamar,
" masak temenku yang setahun lalu berkunjung ke rumah itu suaranya berubah ?" saya membatin (ehh bahasanya terkontaminasi jawa)
Tidak terlalu berpikir saya nylonong ke resepsiones hotel, yang tempatnya di bagian depan hotel lantai dasar. Setelah regrestasi pada bagian panitia diklat, minta keterangan tentang kamar, ternyata teman yang memesankan kamar berada di B207.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah :

NO
MATERI
RUANG LINGKUP
INSTRUKTUR
1
Pendidikan Global

Prof.Joko Saryono
2
Pendidikan Lalulintas
 Latar belakang dan tingkat kecelakaan lantas
AKBP.Purmana BS
3
Komunikasi Efektif
 Cara-cara berkomunkasi efektif
 Mr. Nafif Palil
4
Anaku Investasiku
 Memotivasi peserta untuk lebih semangat dalam bertugas
 Heru Sulistyaningtyas
5
Pola Membangun kehidupan Sosial
 Triks pembina osis dalam menciptakan program sesuai lifestyle siswa
 Dr. Bagong Suyanto
6
Pembudayaan Pendidikan Karakter
 Membangkitkan guru yang berkarakter
 Dr. Umi Dayati
Apa oleh olehnya diklat ?


AKBP. Purnama BS

Bersama Mr. Nafif Palil

Bu Heru Sulistyaningtyas

Kerja kelompok dengan group Arema

Gunung Panderman di sebelah barat tempat Diklat

Dr. Bagong Suyanto

Bersama Bu Umi Dayati

Begitulah sekelumit perjalanan diklat untuk kesiswaan dan pembina osis. Untuk materi mau saya unggah di ziddu.com tapi sejak unggah materi gagal pada hari yang lalu samapi sekarang masih trouble.
UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

1 komentar:


  1. Kegiatannya OK, Pak.
    Sukses selalu buat panjenengan!

Powered by Blogger.