Kemah Remaja SMA Pendidikan Karakter 2011 di Batu Malang

Kemah Remaja SMA Pendidikan Karakter 2011 di Batu Malang yang dilaksanakan tanggal 19 - 21 Desember 2011 se Jawa Timur telah selesai dilaksanakan di Hotel Purnama . Regrestasi pada hari Senin 19 Desember 2011 dimulai jam 12.00 wib kemudian dilanjutkan pembentukan group-group dan regu pada jam 16.00 sampai 17.30 wib. Kemudian pembukaan jam 19.00 - 22.00 diselingi pementasan juara Fragmen Budi Pekerti yang telah dilaksanakan . Kemah Remaja SMA Pendidikan Karakter 2011 di Batu Malang ini Ka Dinas Pendidkan Jawa Timur di wakili oleh Kwarda Jatim.


Selasa pagi hari oalh raga senam bersama-sama dengan peserta yang berasal dari semua siswa dari sekolah negeri dan swasta di Jawa Timur, dimana setiap sekolah diwakili hanya satu siswa. Kegiatan ini bisa mempercepat sosialisasi siswa SMA, karena dalam satu kamar mereka jelas akan bersama dengan teman dari sekolah lain. Siswa Malang satu kamar dengan siswa yang berasal dari Sumenep-Madura atau Banyuwangi.

Ada kegiatan talam kerja yaitu kegiatan semacam problem solving yang dilakukan oleh anggota regu dengan anggota sebanyak sepuluh orang,  cara mengerjakan soal secara regu tetapi soalnya diberikan pernomor dan diambil oleh anggota regu secara bergantian. Setelah problem yang diberikan panitia mendapatkan solusi dari regu dikembalikan ke panitia tidak harus oleh peserta yang mengambil soal.
Selasa siang setalah istirahat dan makan, pada jam 13.00 dilaksanakan outbond, yaitu 
  1. memindahkan bola pingpong memakai bambu, 
  2. zona kerja sama yaitu memindahkan bola bersama-sama menggunakan tali
  3. penyeberangan selat, dengan cara menaiki kotak tempat minuman dimana satu group ada 4 kotak yang bisa di naiki dan dipindah bergantian sehingga sampai di sebrang.
  4. menaiki anak tangga yaitu sepuluh orang diberi 4 buah kayu berukuran panjang satu meter yang masing2 kayu dipegang oleh dua orang sehingga 2 orang yang menaiki tangga dari kayu yang dipegang itu.
  5. zone tantangan berupa berjalan tiarap, melewati rintangan dan sebagainya.
Outbond berakhir pada jam 17.30 yang sebelumnya sudah ada waktu istirahat dan sholat ashar. Setelah outbond dengan pakaian masih kotor teman-teman langsung meluncur ke kolam renang disebelah selatan hotel, tetapi karena munkin kolam renang bukan termasuk fasilitas
Kegiatan malam dimulai jam 19.30 kegiatan materi dari Pertamina foundation yaitu memotivasi para siswa SMA untuk mengadakan penanaman sejuta pohon .


sekitar pukul 21.00 kegiatan dari pertamina foundation selesai dan semua peserta di boleh khan untuk istirahat, tetapi banyak peserta yang tidak langsung istirahat malahan jalan-jalan di se-keliling hotel, karena malam itu adalah malam trakhir di hotel purnama jadi banyak peserta kegiatan kemah remaja SMA itu menghabiskannya dengan mencari tanda tangan peserta-pesrta lain. tak terasa waktu yang kami gunakan untuk jalan-jalan sudah lama, sampai jam 23.30.

Rabu pagi sekitar pukul 04.30 semua peserta mngikuti senam pagi yang berada di parkiran mobil sebelah utara, kegiatan senam berakhir pukul 08.30 dan dilanjukan dengan makan pagi bersama di depan Nawangsasi Hall, setelah makan pagi melajutkan kegiatan open forum dan refleksi diri yang bertujuan untuk memotivasi peserta untuk "Mau berjuang demi Nusa Bangsa", maksud dari kata itu adalah mau merubah sikap demi kemajuan dengan cara :
  1. Go Fashion
  2. Move Faster
  3. Keep Silent




Open forum berakhir pada pukul 09.30 dan di lanjutkan dengan refleksi diri, sehubungan besok tanggal 22-Desember 2011yang bertepatan dengan hari Ibu maka panitia merencanakan untuk menyurh sema peserta membuat surat untuk ibunda yang ada di rumah, tetapi sebelum pembuatan surat peserta di beri tayangan slide yang isinya adalah surat dari Ibu yang merindukan anaknya karena selama 3 hari tidak bertemu, karena anaknya mengikuti Kemah Remaja SMA se-Jawa Timur. banyak dari peserta kgiatan tersebut menangis setelah membaca surat tersebut.


kegiatan refleksi diri berakhir pada pukul 10.30 dan dilanjutkan dengan Penutupan Acara Kemah Remaja SMA, tetapi sebelum acara penutupan peserta di boleh kan untuk istirahat sejenak. acara penutupan di tutup oleh Bapak Wakil Gurbernur Jawa Timur. setelah penutupan semua peserta di harap kan untuk mengisi tanda tagan untuk pengambilan Piagam, lalu makan siang.
Chekout dilaksanakan pukul 13.00 dan peserta boleh meninggalkan Hotel dan ampai si rumah sekitar pukul 16.30. 
UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

0 komentar:

Powered by Blogger.