Kemampuan Profesional Guru Matematika IPA SMA

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Berdasarkan analisis hasil Ujian Nasional (UN) Siswa SMA  IPA Tahun 2011, diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang belum menguasai Standar Kompetensi Lulusan yang ditetapkan. Berdasarkan analisis tersebut dipilih materi-materi esensial yang daya serapnya kurang dari 50%. Deskripsi dari materi-materi esensial tersebut dideskripsikan pada tabel berikut ini.

Deskripsi Materi Esensial Mata Pelajaran Matematika SMA  IPA

No
Materi
Deskripsi
1.
Kebijakan PPTK Dikmen
Materi ini menginformasikan tentang kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah berkaitan dengan pelaksanaan program peningkatan kompetensi profesional guru mata pelajaran yang di-UN-kan yang tersebar di 250 Sekolah Menengah Kejuruan di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.
2.
Sistim Persamaan Linier
Pembahasan materi sistim persamaan linier  lebih difokuskan pada kompetensi dasar berikut:
 a. Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem  
    persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel

3.
Kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
Pembahasan materi  kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga difokuskan pada kompetensi dasar berikut:
a.  Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang
     dalam ruang  dimensi tiga
b. Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dan antara   
    dua bidang  dalam ruang dimensi tiga
c. Menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan
     aturan sinus dan kosinus.
4.
Aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
Pembahasan materi  aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah difokuskan pada kompetensi dasar berikut:
a.  Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi
    dalam pemecahan masalah
b. Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya

5.
Rumus trigonometri dan penggunaannya
Pembahasan materi rumus trigonometri dan penggunaannya t difokuskan pada kompetensi dasar berikut:
a.    Menghitung nilai perbandingan trigonometri dgn rumus jml, selisih 2 sudut, jml, selisih sin, cos, tan

6.
Aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah
Pembahasan materi aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah difokuskan pada kompetensi dasar berikut:
a.    Menggunakan aturan teorema sisa atau teorema faktor.

7.
Konsep  turunan fungsi dalam pemecahan masalah
Pembahasan materi konsep  turunan fungsi dalam pemecahan masalah difokuskan pada kompetensi dasar berikut:
a.    Menentukan penyelesaian dari soal aplikasi turunan fungsi.
8.
Konsep integral dalam pemecahan masalah
Pembahasan materi konsep integral dalam pemecahan masalah difokuskan pada kompetensi dasar berikut:
a.    Menghitung integral tak tentu/integral tertentu fungsi aljabar & fungsi trigonometri.
b.    Menghitung luas daerah dan volume benda putar dengan menggunakan integral.
9.
Masalah Program Linier
Materi masalah program linier membahas tentang :
a.    Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya.


10
Aturan yang berkaitan dengan fungsi  logaritma dalam pemecahan masala
Materi aturan yang berkaitan dengan fungsi  logaritma dalam pemecahan masalah membahas tentang
a. Menyelesaikan persamaan logaritma
11.
Uji Kompetensi
Materi ini menguji kompetensi guru mata pelajaran Matematika.



UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

0 komentar:

Powered by Blogger.