KAIDAH ILMU HITUNG MATRIKS

KAIDAH ILMU HITUNG MATRIKS

(metode untuk mencari Invers matriks 3 x 3 atau lebih)

Materi Pengayaan

Walaupun banyak dari kaidah-kaidah ilmu hitung bilangan riel berlaku juga untuk matriks, namun ada beberapa terkecualian. Salah satu dari kekecualian yang terpenting terjadi di dalam perkalian matriks. Untuk bilangan-bilangan riel a dan b , maka kita selalu mempunyai ab = ba. Sifat ini seringkali dinamakan hukum komutatip untuk perkalian.

Akan tetapi, untuk matriks-matriks, maka AB dan BA tidak perlu sama. Kesamaan dapat gagal untuk berlaku karena tiga hal. Hal itu dapat terjadi, misalnya, bahwa AB didefinisikan tetapi BA tidak didefinisikan. Ini adalah kasus jika A adalah sebuah matriks 2 x 3 dan B adalah sebuah matriks 3 x 4. Juga hal itu dapat terjadi bahwa AB dan BA kedua-duanya didefinisikan tetapi mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Ini adalah situasi jika A adalah sebuah matriks 3 x 3 dan B adalah sebuah matriks 3 x 2. Akhirnya, seperti yang diperlihatkan oleh contoh kita brikutnya maa mungkin untuk memperoleh AB ≠ BA walaupun jika AB dan BA didefinisikan dan mempunyai ukuran yang sama.

Untuk selanjutnya METODE untuk Mencari A-1 untuk A mariks ordo 3 x 3 atau lebih dengan metode perkalian baris elementer. (menyusul)



UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

2 komentar:


  1. visit my blog. www.chadra-unikom.co.cc


  1. Wah terimakasih Edukation nya..
    Salam kenal dan sukses selalu...

Powered by Blogger.