RPP MATEMATIKA KLS XII SMA SEM 2 PERTEMUAN 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(LESSON PLAN)
Pertemuan 1
Nama : Nyariadi, SPd
Sekolah : SMA Negeri 1 Pagak
Mata Pelajaran : Matematika
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :4.1. Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
Indikator : siswa dapat :
· Menjelaskan arti barisan dan deret
· membedakan barisan aritmatika dan geometri
· Menjelaskan cara menemukan rumus suku ke n barisan aritmetika
· Menjelaskan cara menemukan rumus suku ke n barisan geometri
Materi Pokok/Pembelajaran: BARISAN DAN DERET
o Pola Bilangan
o Barisan Bilangan
Kelas/Semester : XII IPA / 2
Sasaran Hasil Belajar : Siswa dapat meningkatkan dan mengembangkan pemahaman tentang pola bilangan dan barisan bilangan.
Waktu : 90 menit
Perangkat Belajar : LKS, Buku Matematika karangan Sartono Wirodikromo Penerbit Erlangga (XYZ).
Pengalaman Belajar :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
10 menit | Pembukaan 1. Menjelaskan Kompetensi dasar yang harus dikuasai 2. Menjelaskan apa yang harus dikerjakan siswa | · Memperhatikan dengan cermat apa yang harus dilakukan agar tujuan pembelajran bisa tercapai · Siswa bertanya materi sebelumnya yang belum jelas · Siswa dikelompokkan dalam kelompok kecil dengan anggota maksimum 4 orang | Buku pelajaran Matemática Karangan Sartono Wirodikromo (XYZ), Penerbit Erlangga, Kertas dan Pensil |
70 menit | Kegiatan Inti 2. Diskusi 3. Guru menjawab pertanyaan dari siswa yang mengalami kesulitan. | · Siswa mengamati paparan presentasi : Ø Mendiskusikan pola dan barisan bilangan Ø Merumuskan definisi barisan dan notasinya Ø Merumuskan barisan aritmatika Ø Menghitung suku ke-n barisan aritmatika · Siswa mengerjakan soal-soal pola bilangan dan barisan bilangan aritmatika dari Latihan yang ada pada Buku dan dari LKS | Buku pelajaran Matemática Karangan Sartono Wirodikromo (XYZ), Penerbit Erlangga, Kertas dan Pensil |
10 menit | Penutup 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan | · Siswa bersama guru menarik kesimpulan | Kertas, Pensil |
0 komentar:
Post a Comment