RPP MATEMATIKA KLS XII SMA SEM 2 PERTEMUAN 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(LESSON PLAN)
Pertemuan 1


Nama                              : Nyariadi, SPd
Sekolah                           : SMA Negeri 1 Pagak
Mata Pelajaran                  : Matematika

Standar Kompetensi          : 4.  Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar             :4.1. Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri

Indikator                         : siswa dapat :
·         Menjelaskan arti barisan dan deret
·         membedakan barisan aritmatika dan geometri
·         Menjelaskan cara menemukan rumus suku ke n barisan aritmetika
·         Menjelaskan cara menemukan rumus suku ke n barisan geometri

Materi Pokok/Pembelajaran: BARISAN DAN DERET
o   Pola Bilangan
o   Barisan Bilangan

Kelas/Semester                 : XII IPA / 2

Sasaran Hasil Belajar         :  Siswa dapat meningkatkan dan mengembangkan pemahaman tentang pola bilangan dan barisan bilangan.
Waktu                             :  90 menit
Perangkat Belajar              :  LKS, Buku Matematika karangan Sartono Wirodikromo  Penerbit Erlangga (XYZ).
Pengalaman Belajar                           :

WAKTU
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
Bahan /Peralatan/
Sumber
10 menit
Pembukaan
1. Menjelaskan Kompetensi dasar yang harus dikuasai
2. Menjelaskan apa yang  harus dikerjakan   siswa

·     Memperhatikan dengan cermat apa yang harus dilakukan agar tujuan pembelajran bisa tercapai
·     Siswa bertanya materi sebelumnya  yang belum jelas
·     Siswa dikelompokkan dalam kelompok kecil dengan anggota maksimum 4 orang
Buku pelajaran Matemática Karangan Sartono Wirodikromo (XYZ), Penerbit Erlangga,  Kertas dan  Pensil

70 menit
Kegiatan Inti
1.   Presentasi
2.   Diskusi
3.   Guru menjawab pertanyaan dari siswa yang mengalami kesulitan.
·     Siswa mengamati paparan presentasi :
Ø  Mendiskusikan pola dan barisan bilangan
Ø  Merumuskan definisi barisan dan notasinya
Ø  Merumuskan  barisan aritmatika
Ø  Menghitung suku ke-n  barisan aritmatika
·     Siswa mengerjakan soal-soal pola bilangan dan barisan bilangan aritmatika dari Latihan yang ada pada Buku dan dari LKS

Buku pelajaran Matemática Karangan Sartono Wirodikromo (XYZ), Penerbit Erlangga,  Kertas dan  Pensil

10 menit
Penutup
1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan

·     Siswa bersama guru menarik kesimpulan
Kertas, Pensil


UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

0 komentar:

Powered by Blogger.