RPP MATEMATKA KLS XII SMA SEM 1 PERTEMUAN 8

RENCANA PEMBELAJARAN
(LESSON PLAN)
Pertemuan REVIEW

Nama                                        : Nyariadi, SPd
Sekolah                                    : SMA Negeri 1 Pagak
Mata Pelajaran                          : Matematika

Standar Kompetensi                  : 4.   Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar                     :4.1. Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n   suku deret   aritmetika dan geometri
                                                    4.2. Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian.
                                                 4.3. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret.
                                        4.4. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya

Indikator                                    :
siswa dapat :
·         Menjelaskan arti barisan dan deret
·         Menemukan rumus barisan dan deret aritmatika
·         Menemukan rumus barisan dan deret geometri
·         Mengehitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri
·         Menuliskan suatu deret dengan notasi sigma.
·         Menggunakan induksi matematika dalam pembuktian
·         Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan deret.
·         Merumuskan model matematika dari masalah deret
·         Menentukan penyelesaiakan  model matematika yang berkaitan dengan deret
·         Memberikan tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh

Materi Pokok/Pembelajaran: BARISAN DAN DERET
Kelas/Semester                         : XII IPA / 2
Sasaran Hasil Belajar                : Siswa dapat meningkatkan dan mengembangkan pemahaman tentang barisan dan deret.
Waktu                                       : 90 menit
Perangkat Belajar                      : LKS, Buku Matematika karangan Sartono Wirodikromo  Penerbit Erlangga (XYZ).
Pengalaman Belajar                      :

WAKTU
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
Bahan /Peralatan/
Sumber
10 menit
Pembukaan
1.  Menjelaskan apa yang  harus dikerjakan   siswa.
3. Menanyakan materi sebelumnya yang belum dimengerti.

·      Memperhatikan dengan cermat apa yang harus dilakukan agar tujuan pembelajran bisa tercapai
·      Siswa bertanya materi sebelumnya  yang belum jelas
·      Siswa dikelompokkan dalam kelompok kecil dengan anggota maksimum 4 orang
Buku pelajaran Matem├ítica Karangan Sartono Wirodikromo (XYZ), Penerbit Erlangga,  Kertas dan  Pensil

70 menit
Kegiatan Inti
1.    Diskusi
2.    Guru menjawab pertanyaan dari siswa yang mengalami kesulitan.
·      Siswa mengerjakan soal-soal barisan dan deret dari Latihan yang disediakan guru dan dari LKS, kemudian mempresentasikan dimuka kelas secara bergiliran.

Buku pelajaran Matem├ítica Karangan Sartono Wirodikromo (XYZ), Penerbit Erlangga,  Kertas dan  Pensil

10 menit
Penutup
1.  Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan

·      Siswa bersama guru menarik kesimpulan
Kertas, Pensil

UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

0 komentar:

Powered by Blogger.