RPP MATEMATKA KLS XII SMA SEM 1 PERTEMUAN 8
RENCANA PEMBELAJARAN
(LESSON PLAN)
Pertemuan REVIEW
Nama : Nyariadi, SPd
Sekolah : SMA Negeri 1 Pagak
Mata Pelajaran : Matematika
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :4.1. Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
4.2. Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian.
4.3. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret.
4.4. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya
Indikator :
siswa dapat :
· Menjelaskan arti barisan dan deret
· Menemukan rumus barisan dan deret aritmatika
· Menemukan rumus barisan dan deret geometri
· Mengehitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri
· Menuliskan suatu deret dengan notasi sigma.
· Menggunakan induksi matematika dalam pembuktian
· Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan deret.
· Merumuskan model matematika dari masalah deret
· Menentukan penyelesaiakan model matematika yang berkaitan dengan deret
· Memberikan tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh
Materi Pokok/Pembelajaran: BARISAN DAN DERET
Kelas/Semester : XII IPA / 2
Sasaran Hasil Belajar : Siswa dapat meningkatkan dan mengembangkan pemahaman tentang barisan dan deret.
Waktu : 90 menit
Perangkat Belajar : LKS, Buku Matematika karangan Sartono Wirodikromo Penerbit Erlangga (XYZ).
Pengalaman Belajar :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
10 menit | Pembukaan 1. Menjelaskan apa yang harus dikerjakan siswa. 3. Menanyakan materi sebelumnya yang belum dimengerti. | · Memperhatikan dengan cermat apa yang harus dilakukan agar tujuan pembelajran bisa tercapai · Siswa bertanya materi sebelumnya yang belum jelas · Siswa dikelompokkan dalam kelompok kecil dengan anggota maksimum 4 orang | Buku pelajaran Matemática Karangan Sartono Wirodikromo (XYZ), Penerbit Erlangga, Kertas dan Pensil |
70 menit | Kegiatan Inti 1. Diskusi 2. Guru menjawab pertanyaan dari siswa yang mengalami kesulitan. | · Siswa mengerjakan soal-soal barisan dan deret dari Latihan yang disediakan guru dan dari LKS, kemudian mempresentasikan dimuka kelas secara bergiliran. | Buku pelajaran Matemática Karangan Sartono Wirodikromo (XYZ), Penerbit Erlangga, Kertas dan Pensil |
10 menit | Penutup 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan | · Siswa bersama guru menarik kesimpulan | Kertas, Pensil |
0 komentar:
Post a Comment