SOAL TENTANG LIMAS DI SOAL UN SMA 2010

Pelaksanaan UN (Ujian Nasional) SMA tahun 2010 sudah dilaksanakan. Keberadaan soal yang menjadi dasar peserta ujian untuk menjawab dengan benar sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan yang pas tentang hasil pendidikan selama tiga tahun di jenjang pendidikan SMA (Kecuali jalur excelerasi)


Dalam soal Ujian Nasional tahun 2010 SMA untuk mata pelajaran matematika paket A ( P 16) atau soal D10-MAT (IPA)-05-2009/2010 untuk soal nomor  22. sebagai berikut :

1. Yang dimaksudkan gambar limas padaa soal di atas belum ada penjelasan bahwa limas tersebut merupakan limas tegak atau bukan sehingga, dalam menentukan tinggi limas masih perlu diandaikan limas tegak(TA = TB = TC = TD)
2. (ada tanda bahwa AB = CD = AD) Apakah alas limas berbentuk persegi atau bukan persegi adalah sangat penting mengingat soal tersebut diatas hanya diketahui panjang salah satu sisi alas yaitu AB sedangan BC tidak diketahui. Kecuali kalau memang disebutkan alasnya persegi (berarti ke-4 sisinya sama panjang) atau disebutkan sebagai berikut. "Perhatikan gambar Piramida T.ABCD.
Secara geometri limas adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas berbentuk segi-n dan sisi-sisi tegak berbentuk segitiga. Dilihat dari pengertian limas, soal UN ini tentunya belum menggambarkan bahwa panjang AB=BC
Limas yang alasnya berbentuk persegi disebut PIRAMIDA.
Jika alas berbentuk persegi maka panjang sisi alas sama berarti panjang AB=BC, titip P di tengah-tengah BC sehingga BP = 1/2AB = 1 cm maka nilai cos sudut antara TP dan bidang alas adalah 1/2 akar 2.
Hal ini merupakan pengandaian jika alasnya merupakan persegi.
UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

6 komentar:


  1. walah, jadi ingat masa2 SMA nih hehe...


  1. hmm, oke nih, mudah2an para anak2 SMAnya baca, biar tambah ilmunya...


  1. pak.....saya punya saran kalau tampilan segitaga atau gambarya pakai animasi flash...pasti menarik buat siswa bapak


  1. hualooooooooooo
    hanya ngasih tahu, tag mas yang di blog company mms tidak bisa saya kerjakan minggu depan, tapi akan saya kerjakan dua minggu lagi, heheheh
    maaf yaaaa


  1. selamat pagi pak semoga siswanya lulus semua ya

Powered by Blogger.