Perbedaan tingkat kesukaran soal SNMPTN dibanding SOal UN

SNMPTN tahun 2010 sudah dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 Juni 2010. Ketika saya bertemu dengan alumni sekolah yang baru mengikuti SNMPTN ada keluhan bahwa . " soal SNMPTN sulitnya minta ampun pak". 
Kemudian saya minta tolong untuk di foto copikan, padahal dalam hati saya memang merasa perlu punya soal SNMPTN untuk latihan berpikir.
Soal UN dan soal SNMPTN mempunyai perbedaan maksud, oleh karena itu tingkat kesukaran dua macam soal ini jelas bertolak belakang, untuk itu siswa yang baru lulus SMA, perlu berlatih soal-soal semacam SNMPTN jika ingin diterima di PTN yang diidamkan.

Soal SNMPTN merupakan saringan siswa untuk masuk, sedangkan soal UN adalah saringan untuk keluar. (jadi hanya ada 2 istilah keluar dan masuk)

Keluar  berarti lulus, untuk lulus SMA sebenarnya yang jadi acuan adalah Standart Kompetensi Lulusan (SKL) yang sudah diberikan sebelumnya oleh guru-guru dalam mendampingi siswa belajar dalam mempersiapkan sukses UN. Sehingga soal-soal UN tidak terlalu sulit.
Masuk saya artikan untuk diterima di PTN yang menjadi incaran dari semua yang menghendaki, padahal pagunya terbatas. sehingga soal-soal SNMPTN ada kesan menjatuhkan peserta yang kurang siap atau hanya mempersiapkan setaraf dengan UN saja.


sekian
UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

0 komentar:

Powered by Blogger.