Risalah Akademik dalam OSN Guru Mata Pelajaran Matematika dan Fisika 2011

Pemerintah secara kontinyu berusaha meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia melalui layanan pendidikan bermutu. Kebijakan yang ditempuh dalam kerangka ini antara lain adalah meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru.
Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah Olimpiade Sain Nasional Guru (OSN Guru) Mata Pelajaran Matematika dan Fisika. OSN Guru ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan. Sangat senang mendapatkan kesempatan mengikuti program terbaru ini, meskipun kesibukan awal tahun pelajaran sangat padat, dengan melaksanakan tugas dinas dari kepala sekolah dengan sekuat daya saya buat risalah akademik.

Tujuan kegiatan OSN Guru adalah:
1. Menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan guru.
2. Meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme, dan kerja keras untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Membina dan mengembangkan kesadaran ilmiah untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi masa kini dan yang akan datang.
4. Mengangkat status guru sebagai penyandang profesi yang terhormat, mulia, bermartabat, dan terlindungi.
5. Membangun komitmen mutu guru dan peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran secara lebih merata.

Persyaratan Peserta
1. Persyaratan administratif
a. Guru SMA yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) atau bukan PNS.
b. Tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja lainnya.
c. Mengajar Mata Pelajaran Matematika atau Fisika.
d. Mempunyai masa kerja sebagai guru sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun secara terus-menerus, dibuktikan dangan SK CPNS atau SK Pengangkatan bagi guru bukan PNS.
e. Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S1) Matematika untuk Mata Pelajaran Matematika atau (S1) Fisika untuk Mata Pelajaran Fisika.
f. Mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)

2. Persyaratan akademik
a. Guru unggul/mumpuni dilihat dari kompetensi pedagogik dan profesional.
1) Kompetensi pedagogik tercermin dari tingkat pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
2) Kompetensi profesional/akademik tercermin dari tingkat penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.
b. Guru yang mampu menunjukan praktik pembelajaran terbaik, pengalaman dan nilai tambah pelatihan, serta hasil karya pengembangan profesi dan menuangkannya ke dalam risalah singkat dengan sistematika dasar seperti berikut :

Kerangka Isi Risalah
Judul :
Risalah Akademik
Bab 1 : Latar Belakang:
1. Uraikan motivasi yang mendasari keinginan untuk mengikuti seleksi OSN Guru Mata Pelajaran Matematika dan Fisika.
2. Tuliskan tujuan dan manfaat kesertaan mengikuti OSN Guru Mata Pelajaran Matematika dan Fisika.

Bab 2 : Deskripsi Keunggulan sebagai Guru Mata Pelajaran:
1. Deskripsikan praktik-praktik pembelajaran terbaik yang pernah dicapai khususnya dilihat dari prestasi belajar siswa yang diasuh.
2. Deskripsikan pengalaman dan nilai tambah selama mengikuti pelatihan pengembangan profesi.
3. Deskripsikan secara ringkas karya pengembangan profesi (hasil penelitian, penulisan buku, atau karya-karya kreatif lain) yang pernah dihasilkan.

Bab 3: Harapan dan Rencana Kegiatan Masa Datang:
Uraikan harapan dan rencana kegiatan Anda dalam upaya meningkat mutu pembelajaran Mata Pelajaran yang diasuh.

Penutup
Lampiran-lampiran

Catatan :
Ditulis di atas kertas A4, Time News Roman font 12, 1,5 spasi, jumlah maksimal 10 halaman, dibendel dengan sampul sesuai dengan contoh

Untuk risalah akademik matematika saya sebagai berikut :


METODE UNJUK JARI, COOPERATIVE LEARNING, ROLLING COMPETITION SEBAGAI CARA MENINGKATKAN PRESTASI MATEMATIKA SISWA
Risalah Akademik

Bab 1
Latar Belakang:
Sebagai guru dituntut selalu meng-update kemampuan guna mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi agar pengalaman-pengalaman yang diperoleg dapat ditransfer kepada peserta didiknya. Pengalaman dan ilmu pengetahuan sekarang ini begitu pesatnya, pengalaman yang diperoleh guru saat masih sekolah, jelas jauh ketinggalan jika dibanding dengan keberadaan dan perkembangan ilmu di masa sekarang.
Ilmu dan pengalaman pengajaran bisa kita dapatkan dari berinteraksi dengan orang lain seprofesi dalam berbagai kegiatan seperti salah satunya adalah MGMP Mata Pelajaran. Seleks OSN Guru Mata Pelajaran Matematika dan Fisika juga sangat memungkinkan adanya ilmu dan pengalaman baru bagi guru.
Mengikuti OSN Guru Mata Pelajaran secara pribadi bertujuan :
1. Mensukseskan program pemerintah melalui Diknas Pendidikan;
2. Memotivasi diri sendiri dan teman sejawat dalam meningkatkan pembelajaran dan keilmuan matematika;
3. Untuk menumbuhkembangkan semangat kompetisi dan kesadaran ilmiah pada diri saya, serta meningkatkan profesionalitas sesuai bidang kerja saya untuk peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran;
4. Menguji kemampuan diri, sampai dimana penguasaan materi dan metode pembelajaran.
Ikut serta dalam OSN Guru Mata Pelajaran bermanfaat kepada peserta yaitu para bapak/ibu guru juga kepada peserta didik yang diajar. Manfaatnya antara lain:
1. Memberi motivasi guru dalam memperdalam keilmuan matematika, sehingga memenuhi kebutuhan siswa yang berdaya pikir lebih dibanding rata-rata teman se kelasnya;
2. Menambah triks mengerjakan beberapa soal matematika yang sering muncul dan dibutuhkan oleh siswa;
3. Meningkatkan kreativitas guru dalam membuat persoalan matematika, agar soal-soal untuk latihan siswa tidak monoton.


Bab 2 :
Deskripsi Keunggulan sebagai Guru Mata Pelajaran

1. Deskripsikan praktik-praktik pembelajaran terbaik yang pernah dicapai
Pengajaran matematika diharuskan mengikuti taraf berpikir siswa dalam penyapaian konsep matematika, selanjutnya apabila konsep sudah dipahami melalui cara berpikir riil siswa dipandu untuk berpikir abstrak. Proses ini perlu ketelitian dalam mendeteksi, mana siswa yang sudah paham dan siswa belum paham. Sehingga pada tahap ini saya menggunakan metode unjuk jari.
Belajar matematika disamping memahami konsep juga melatih skill siswa dalam menyelesaikan masalah. Untuk memfasilitasi siswa berlatih diperlukan tutor sebaya, adu argumetasi tentang pemikiran matematika yang dipunyai siswa. Karena siswa lebih terbuka kepada teman sebayanya, oleh karena itu dalam tahap latihan mengerjakan soal-soal dalam pembelajaran matematika saya menggunakan cooperatif learning. Siswa sangat leluasa bertanya kepada temannya tentang apa yang harus dia pahami.
Untuk menmbah kompetisi diantara semua siswa dalam satu kelas, saya lakukan dengan mengurutkan lembar jawaban siswa setiap selesai ulangan, berdasarkan besar nilai yang diperoleh siswa. Nilai yang paling besar saya letakan di deretan bangku depan, dengan posisi tempat duduk di paling kanan, terus disusul siswa yang nilainya dibawahnya disebelah kirinya, begitu pula untuk deretan bangku di belakangnya. Sehingga siswa yang nilainya paling kecil akan berada di deretan bangku paling belakang paling kiri.

Setiap pendistribusian hasil ulangan harian dilakukan seperti ini, sehingga tahu tentang posisinya dibanding teman-temannya disetiap ulangan harian. Mereka berusaha tidak tereliminasi ke kiri atau bahkan ke belakang.

2. Deskripsikan pengalaman dan nilai tambah selama mengikuti pelatihan pengembangan profesi.
Sebagai guru tentunya pernah mengikuti berbagai pelatihan yang berkaitan dengan tugas-tugasnya. Beberapa pelatihan atau workshop yang saya ikuti adalah :
a. Workshop tentang profesionalisme guru, yang diselenggarakan di P4B UN di gedung F4 Universitas Negeri Malang. Workshop ini sangat padat dengan pembelajaran sesuai dengan bidang study, baik tentang metode dan strategi mengajar matematika juga pendalaman materi matematika dari Prof. Purwanto. Dengan materi pendalaman ini saya mengetahui bagaimana menyampaikan konsep matematika yang mudah diterima oleh siswa melalui cara berpikirnya. Contoh dalam menyampaikan konsep pernyataan dalam materi logika, “3031001 adalah bilangan genap” ini adalah pernyataan, siswa tidak harus membuktikan bahwa ini bilangan genap, tapi jelas benar atau salahnya yang ditentukan.
b. TOT pendidikan berkarakter di Hotel Purnama Batu Malang yang diselenggarakan oleh Diknas Propinsi Jawa Timur, yang materinya berkaitan dengan karakter bangsa dan keadaan karakter siswa pada saat ini, membuat saya dapat menyampaikan hubungan matematika dengan karakter apa yang ditumbuhkan sesuai dengan materi matematika yang saya ajarkan. Karena belajar itu denga mengetahui apa yang hendak didapatkan, siswa lebih termotivasi belajar. Selama ini banyak yang mempertanyakan apa kegunaan belajar matematika.
c. TOT sebagai penyuluh Narkoba yang dilaksanakan di Hotel pelangi Malang , penyelenggara BNK kabupaten Malang.
Dengan pelatihan ini saya dapat mengenali siswa yang kurang termotivasi belajar karena pengaruh narkoba dan sejenisnya. Shingga disamping menyampaikan materi matematika saya dapat sharring dengan siswa yang bersangkutan dari hati ke hati.

3. Deskripsikan secara ringkas karya pengembangan profesi (hasil penelitian, penulisan buku, atau karya- karya kreatif lain) yang pernah dihasilkan.
Guru dituntut mengembangkan profesi sesuai dengan tugasnya, dalam kenaikan pangkat diwajibkan adanya PTK/Penelitian Tindakan Kelas.
Karya kreatif yang saya sampaikan adalah inovasi inovasi metode mengajar yang cocok dengan keadaan siswa, yaitu :
a. Metode Unjuk Jari
b. Metode Rolling coptetion
c. Metode Estafet dalam penyampaian materi fungsi komposisi.


Bab 3:
Harapan dan Rencana Kegiatan Masa Datang

Harapan pribadi sebagai guru adalah siswa saya berhasil dalam melatih pola pikir kreativnya sehingga mereka nantinya selalu mampu memecahkan persoalan hidupnya dan kehidupan di sekitarnya.
Harapan saya sebagai guru adalah, kesinambungan konsep matematika siswa mulai siswa berada disekolah dasar, oleh karena itu penyelenggara pendidikan di tingkat dasar menugaskan guru sebagai pengajar matematika bukan guru kelas, karena tidak setiap guru kelas bakat atau suka dengan matematika.
Untuk bisa mencapai harapan saya,
1) apabila ada kesempatan dan biaya saya ingin menempuh pendidikan di bidang matematika selanjutnya,
2) mengikuti berbagai kajian ilmiah matematika yang memungkinkan.
3) Mendeteksi siswa yang mempunyai penalaran baik, guna dibimbing dan dilatih sebagai siswa yang mengikuti olimpiade matematika.
4) Membentuk super group learning, untuk memotivasi siswa menggapai cita-cita yang diinginkan, Mulai dari kebutuhan belajar apa sebagai prasyarat agar cita-citanya tercapai.
5) Sedapat mungkin menulis di blogg internet yang sebagai tempat tulisan saya, tentang matematika atau pendidikan, yaitu http://www.nyachya.blogspot.com. Judul blogg adalah Info Math.
6) Saya ingin mendampingi siswa dalam pelaksanaan OSN 2011 di Menado, karena saya percaya bahwa akan bertemu dengan orang-orang yang banyak mempunyai ilmu dan pengalaman matematika, terutama tentang Olimpiade Matematika.


Penutup

Untuk mempelajari matematika sebagai ilmu pengetahuan harus didorong dari pemahaman matematika secara realita. Adanya OSN Guru Mata Pelajaran sangat diharapkan guna memotivasi dan silaturrahmi antar guru untuk mengasah kemampuan.
Kompetisi yang ditimbulkan dari OSN Guru Mata Pelajaran akan mendorong setiap guru untuk berlatih dan berinovasi pembelajaran, agar siswa belajar tidak bosan.
Risalah ini tentunya banyak kekurangan , oleh karena itu saya mohon masukan kepada berbagai pihak mengenai isi dan kandungannya, juga tentang penulisannya sehinggga di penulisan berikutnya akan lebih baik.
Saya juga sampaikan terimakasih kepada Kepala SMAN 1 Pagak dan Panitia atas kesempatan yang telah diberikan, sehingga saya bisa mengikuti OSN Guru Mata Pelajaran Tingkat Kabuaten Tahun 2011.

Lampiran-lampiran :
===========================================================================
SAMPUL




METODE UNJUK JARI, COOPERATIVE LEARNING, ROLLING COMPETITION SEBAGAI CARA MENINGKATKAN PRESTASI MATEMATIKA SISWA












Diajukan oleh:

Nama : NYARIADI, S.Pd
NIP/NUPTK : 197106151998031011 /
8939741643200060
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Pagak
Kabupaten/Kota : Malang
Propinsi : Jawa Timur



Risalah Akademik untuk memenuhi persyaratan peserta OSN Guru Mata Pelajaran Matematika dan Fisika Kabupaten Malang 2011 ini, masih perlu lampiran-lampiran :
1. Foto berwarna 3 x 4 2 lembar
2. SK CPNS
3. Sertifikat-sertifikat pelatihan
4. Data-data keberhasilan siswa yang di ajar.


Semoga bermanfaat
UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

0 comments:

Powered by Blogger.