RPP MATEMATIKA KLS XII SMA SEM 2 PERTEMUAN 4 - 5
RENCANA PEMBELAJARAN
(LESSON PLAN)
Pertemuan 4 & 5
Nama : Nyariadi, SPd
Sekolah : SMA Negeri 1 Pagak
Mata Pelajaran : Matematika
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :4.2. Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian
Indikator : siswa dapat :
· Menuliskan suatu deret dengan notasi sigma.
· Menggunakan induksi matematika dalam pembuktian
Materi Pokok/Pembelajaran: BARISAN DAN DERET
o Notasi Sigma
o Induksi Matematika
Kelas/Semester : XII IPA / 2
Sasaran Hasil Belajar : Siswa dapat meningkatkan dan mengembangkan pemahaman tentang notasi sigma dan induksi matematika.
Waktu : 2 x 90 menit
Perangkat Belajar : LKS, Buku Matematika karangan Sartono Wirodikromo Penerbit Erlangga (XYZ).
Pengalaman Belajar :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
10 menit | Pembukaan 1. Menjelaskan apa yang harus dikerjakan siswa. 2. Menanyakan materi sebelumnya yang belum dimengerti. | · Memperhatikan dengan cermat apa yang harus dilakukan agar tujuan pembelajran bisa tercapai · Siswa bertanya materi sebelumnya yang belum jelas · Siswa dikelompokkan dalam kelompok kecil dengan anggota maksimum 4 orang | Buku pelajaran Matemática Karangan Sartono Wirodikromo (XYZ), Penerbit Erlangga, Kertas dan Pensil |
70 menit | Kegiatan Inti 2. Diskusi 3. Guru menjawab pertanyaan dari siswa yang mengalami kesulitan. | · Siswa mengamati paparan presentasi : Ø Menyatakan suatu deret dengan notasi sigma Ø Diskusi tentang pembuktian didalam matematika Ø Menggunakan induksi matematika sebagai salah satu metode pembuktian dalam deret. · Siswa mengerjakan soal-soal notasi sigma dan induksi matematika dari Latihan yang ada pada Buku dan dari LKS | Buku pelajaran Matemática Karangan Sartono Wirodikromo (XYZ), Penerbit Erlangga, Kertas dan Pensil |
10 menit | Penutup 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan | · Siswa bersama guru menarik kesimpulan | Kertas, Pensil |
0 komentar:
Post a Comment