Kreatif Perlu Ikhtiar

Awal tahun pelajaran 2010/2011 sudah dimulai sejak Senin, 17 Juli 2010 untuk sekolah-sekolah di bawah kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (dulu disebut DikDasMen,  sekarang setelah ada istilah kementerian  apa ya tetap ???).
Dalam belajar matematika selalu timbul pertanyaan apa gunanya ??? Untuk apa belajar matematika ???
Ada yang menyeletuk............ya untuk mencari ilmu .
Dapat kemampuan apa belajar matematika ........
Sebagian menjawab ................agar bisa belajar menghitung,
Sebagian lagi berkata, "agar tahu bilangan berpangkat, macam-macam bilangan, logika, trigonometri, integral, statistik , ........................"
..............................
dan macam-macam jawaban.
Ada pula yang apriori terhadap jadwal pelajaran sehingga di catatan jadwal matapelajaran, untuk hari-hari yang ada jadwal mata pelajaran matematika digarisbawahi, dengan berbagai alasan pula yang melatarbelakangi tindakan itu.

Setelah begitu lama belajar matematika baru bisa disimpulkan bahwa kegunaan belajar matematika adalah  berhubungan dengan proses berpikir atau secara singkat saya sebut pola pikir yaitu, supaya mempunyai pola pikir Kreatif .
Pola pikir kreatif secara sederhana berarti mempunyai pemikiran yang tidak monoton, pola pikir yang tidak bersifat hafalan. Ini mengandung arti bahwa bagi anda yang selalu berinovatif dalam menulis, atau selalu mencari hal-hal baru dalam penyelesaian problematika kehidupan adalah orang yang sudah mendapatkan kegunaan matematika, walaupun dalam dirinya merasa tidak bisa matematika. Banyak orang merasa tidak bisa matematika padahal dalam dirinya sudah tertanam kegunaan matematika. 
Tidak banyak orang merasa bisa matematika, apalagi orang yang belajar matematika pasti merasa belum bisa matematika, dikarenakan keluasan ranah atau ruang lingkup matematika seluas pemikiran manusia itu sendiri, sehingga sangat mustahil setiap orang bisa menguasai semua pemikiran manusia. 
Belajar matematika merupakan ikhtiar untuk memproses pola pkir diri sendiri untuk kreatif (ini salah satu diantara kegunaan belajar matematika). Karena kalau kita sudah melewati atau menemukan ide dalam penyelesaian masalah matematika maka akan timbul persaaan, ternyata masalah/soal tersebut mudah. 
Berarti yang sulit adalah menimbulkan/menemukan ide tersebut untuk mendapatkan jawaban . 
"SELAMAT BELAJAR MATEMATIKA, saLam SUKSES SELALU "
UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

8 komentar:


  1. kalau aku kurang kreatif pak jujur , makanya SMA dulu ambil jurusan bahasa yang sama sekali nggak ada Matematika dan IPA


  1. Bang Munir @ dari postingan menggambarkan kreativitas bang Munir sangat tinggi.

    makasih atas kunjungannya.


  1. pernah suatu hari saya bertanya pada teman saya yg jago mtk, apa sih gunanya kita belajar trigono? kita belajar peluang? kita belajar turunan? dll. Apa nanti yg kita pelajari ini akan kita praktekkan nantinya? Mendengar pertanyaan itu Dia hanya diam.

    pernah juga saya tanyakan pertanyaan yg sama dengan beberapa guru mtk yg mengajar saya, kebanyakan dari mereka diam, atau bahkan "seperti" mengalihkan pembicaraan.

    Pola pikir kreatif?

    semoga itu jawabannya yang saya cari selama ini...

    makasih mas atas pencerahannya...


  1. Asslm,,,,

    Kunjungan Balik nih Sob,
    Thanks ya udah Berkunjung ke Rumahku...hehehe
    Rumahnya (Blognya...red) tambah oke aja,
    Gak bosen deh saya sempatkan untuk Datang ke Sini lagi..!!

    Sob saya punya Blog baru nih,
    Sempatkan untuk berkunjung ya, ini Rumah Baruku...
    http://obatjerawatalami.blogspot.com
    http://bajumuslimmuslimah.blogspot.com
    http://pakaianbajupengantin.blogspot.com


    Salam Blogger, Sukses Menjalin Silaturahmi....


    Wassalm,,,,


  1. waduh, belajar matematika ya, dari dulu saya ga' bisa2, tapi kalau belajar filosofi matematika itu saya suka


  1. Marhaban Ya Ramadhan, Mohon maaf lahir & batin!


  1. Untuk semuanya Marhaban Ya Ramadhan, Mohon maaf lahir & batin!


  1. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

Powered by Blogger.