Panduan Belajar Bagi Sang Penuntut Ilmu

Postingan ini dipicu tulisan di wall FB saya yang tidak mengenakan, bukan karena saya tersinggung tetapi karena penasaran dan seakan tak percaya, dari teman sekantor yang menunjukan tulisan umpatan yang ada di wall saya dari murid yang begitu dekat dengan saya. Rasa itu adalah , mungkinkah ini tulisan alumniku yang baru kemarin lulus, benarkah dia menulis yang seperti itu karena seringnya ku motivasi bahwa dia bisa, dan sering saya bertanya kepadanya padahal sebenarnya itu hanya untuk memotivasi agar dia semakin giat menggali ilmu. Kalau ternyata benar dia yang menulis (bisa saja orang lain yang nulis ketika dia ol dan ditinggal sebentar) maafkan saya telah membuat kamu merasa paling pintar sehingga lupa akan manfaat ilmu. 

Oleh karena itu tentang  Panduan Belajar Bagi Sang Penuntut Ilmu saya posting di Blogg buatanmu FBS dan di sini. 
Dalam mencari ilmu mempunyai beberapa rahasia agar tidak hanya mendapatkan ilmu saja, tetapi jauh dari manfaat ilmu.

Di sekolah-sekolah umum rahasia tentang manfaat ilmu masih kurang ditekankan, sedangkan di pondok-pondok pesantren tentang hal ini dipeljari khusus dalam kitab Ta'alim muta'alimun. Dikalangan pesantren tradisional kitab ini sudah sangat populer, kitab ini berisi tentang penekanan bagaimana etika santri mencari ilmu, menghormati ilmu, menghormati ahli ilmu, guru dan kyai. Oleh sebab itulah di lingkungan pesantren akan terlihat jelas bagaimana suasana sikap santri terhadap gurunya. Ta’zhimul ilmi wa ahlihi ( menghormati ilmu dan ahli ilmu ) jelas merupakan keharusan bagi setiap penuntut ilmu agar ia mendapatkan ilmu yang berkah dan manfaat. Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dapat membawa ahlinya pada kebaikan dan semakin dekat kepada ALLAH walaupun ilmu yang ia dapatkan hanya sedikit. Hal ini perlu diketahui oleh siswa yang notabene juga si pencari ilmu.

Menghormati ilmu dan ahli ilmu sangat penting, bagaimana kita akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat minimal untuk diri sendiri kalau ketika menuntut ilmu saja sudah berani melawan guru, tidak memakai etika ketika berbicara dengan guru, apalagi sampai melakukan tindakan-tindakan anarkis dengan merusak fasilitas belajar, berdemo memaki-maki guru, na’udzu billah.

Imam Ghazali menyebutkan bahwa Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dapat membawa rasa takut kita kepada Alloh SWT dan menumbuhkan Rasa Cinta/Mahabbah kepada Alloh. Berapa banyak orang yang berilmu namun tidak membawa manfaat baik kepada dirinya maupun kepada manusia lainnya. Berilmu tapi makin jauh dari Alloh , gemar melakukan maksiat, sombong dengan ilmunya, Ambisi terhadap kehidupan dunia, senang berdebat kepada orang-orang bodoh, sombong terhadap ulama dan menganggap ulama ulama terdahulu ( salaf ) bodoh dan ahli Bid’ah, merasa paling benar sendiri dan dirinya suci.
Sedangkan tanda tanda dari ilmu yang bermanfaat diantaranya adalah:
•    Mengamalkan Ilmu yang dimiliki dengan Hati yang ikhlas, karena ilmu membutuhkan kepada amal, amal membutuhkan kepada keikhlasan, dan keikhlasan membutuhkan kepada hati yang bersih .
•    Tawadhu’ dengan ilmu yang dimiliki
•    Tidak berambisi terhadap Gemerlap dunia pangkat, kedudukan , kehormatan dll
•    Memuliakan para ulama
•    Selalu haus akan ilmu Alloh  Yang Maha Luas , sehingga terpanggil dirinya untuk selalu belajar

Tidak sedikit orang yang setelah mencari ilmu tetapi tidak mendapat manfaat dari ilmunya, jangankan manfaat ilmunya untuk orang lain dan lingkungan, untuk diri sendiri saja juga tidak. Banyaknya angka pengangguran yang termonitor dalam sensus penduduk merupakan gambaran dari tidak manfaatnya ilmu secara fisik. Untuk itu sebagai seorang penuntut ilmu baik itu di pesantren maupun di Majlis majlis ilmu selayaknya memuliakan guru kita dan hal hal yang berkaitan dengan ilmu agar kita memperoleh ilmu yang bermanfaat , niatkan dalam hati ketika kaki melangkah menuju Majlis ilmu semata mata menghilangkan kebodohan kita dan mencari Ridho Alloh swt. Dan sebagai buku acuan untuk para penuntut ilmu ada baiknya membaca kitab Ta’limul Muta’allim karya Syech Az Zarnujiy yang sekarang telah di terjemahkan oleh Drs Ali As’ad yang berjudul “BIMBINGAN BAGI PENUNTUT ILMU” dalam kitab tersebut memuat Adad adab seorang Penuntut ilmu dan cara menggapai ilmu ilmu yang bermamfaat. Karena banyak saat ini para penuntut ilmu yang tekun di pesantren dan majlis ta’lim tidak bisa memetik kemanfaatan dan buahnya yaitu mengamalkan dan mensyiarkannya , lantaran mereka salah jalan dan meninggalkan persyaratan keharusannya , karena setiap yang salah jalan itu akan tersesat dan gagal tujuannya baik kecil maupun besar



untuk Panduan Belajar Bagi Sang Penuntut Ilmu bisa juga di:
http://id.shvoong.com/books/guidance-self-improvement/1977309-ta-lim-muta-alim/
http://www.nurulfalahpm.viviti.com/entries/general/adab-menuntut-ilmu-


UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

4 komentar:


  1. semoga kita bisa menuntut dan memanfaatkan ilmu


  1. sekedar sharing pak kalau komentar pertama sebaiknya make url karena biasanya komentar pertama akan terindeks di google, jadi url anda akan terindeks, kalau pake akount blogger nggak


  1. salam sobat
    berkunjung ke blog keren ini
    mendapat ilmu yang bermanfaat.
    trims kunjungannya ke S.A
    salam untuk sahabat di Malang.


  1. Artikel yang menarik sekali, semoga sukses selalu dan saya tunggu kunjungannya di website saya.thx salam persahabatan

Powered by Blogger.