Program excell untuk ABS (Analisis Butir Soal)

Sering timbul tanya dibenak seorang guru ketika sedang memeriksa (koreksi) jawaban siswa setelah ulangan, ulangan harian ataupun yang laen " mengapa nilai siswa kok jelek-jelek, padahal sudah saya ajar dengan baek, apanya yang salah ???. Gak jarang guru menjastifikasi siswa kurang belajar dan macem-macem. Biaradil marilah kita tengok soal kita sudah layak apa belum. Caranya gimana ??? YAAA dianalisis dengan analisis jawaban soal dari siswa untuk mengetahui kelayakan soal yang kita buat. Kelayakan soal akan terlihat dengan tampilnya butir soal diterima atau ditolak.

Dalam reuni guru ada yang menyodori flas dish, dengan berkata " ini titipan teman2 , minta program analisis soal". Teman-teman yang laen langsung menengok ke arahku dan berkata opo iku (bhs jawa yg artinya apa itu). ku jawab program excel untuk menganalisis soal dengan menggunakan jawaban peserta ujian" mau lihat fotonya disini.
dari percakapan itu baru saya sadari bahwa banyak teman-teman guru yang membutuhkan alat untuk analisis.

Program analisis ini saya simpan dalam bentuk file rar, oleh karena itu Bapak/Ibu atau mas?mbak guru harus unrar dulu tentunya di butuhkan program winrar , kalau belum punya program bisa download program winrar di sini klik sajalah. Kemudian install program winrar dulu, berikutnya extrac program analisis butir soal yang Bpk/Ibu download.

Untuk petunjukan penggunaan program sudah saya sisipkan dalam bentuk made shapes dalam fil, mohon didelet dulu ( made shapes itu) kalau mau menggunakan.
Yang perlu Bapak/Ibu lakukan adalah mengentry jawaban siswa ke sheet jawaban.
 
Untuk download program klik di sini download program analisi butir soal
Kalau ada teman guru yang membutuhkan saya rokemendasikan untuk download sendiri gratis kok, dengan mendownload sendiri akan membantu menaikkan nilai earn saya di ziddu.com (promis ya)
selamat menggunakan, apabila ada pertanyaan kunjungi lagi blogg ini tulis pesan di buku tamu !!!
UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

2 komentar:


  1. ini bagus untuk guru math..hehe


  1. Julicavero, bisa digunakan untuk semua guru yang mau mengadakan analisis butir soal

Powered by Blogger.