Berita Pasca Ujian Nasional SMA

Pelaksanaan UN Utama tahun 2010 tingkat SMA sudah berakhir hari Jumat 26 Maret 2010 sedangkan pelaksanaan UN Utama tingkat SMP berakhir Kamis 30 Maret 2010, semua kalangan sekolah sedang menunggu hasilnya.

Standart kelulusan dan pengumuman hasil UN utama sesuai dengan KEPUTUSAN BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN NOMOR 0024/SK-Pos/BSNP/XII/2009 sebagai berikut :

1 Peserta UN dinyatakan lulus jika memenuhi standar kelulusan UN sebagai berikut:
a. memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya;
b. khusus untuk SMK nilai ujian praktik kejuruan minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung nilai rata-rata UN.
2. Kabupaten/Kota dan atau satuan pendidikan dapat menentukan standar kelulusan UN lebih tinggi dari kriteria butir 1 sebelum pelaksanaan UN.
3. Pengiriman hasil UN Utama SMP/MTs dan SMPLB ke Penyelenggara UN Tingkat Provinsi paling lambat tanggal 3 Mei 2010.
4. Pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan oleh masing-masing satuan pendidikan paling lambat tanggal 7 Mei 2010.

5. Pengiriman hasil UN Ulangan SMP/MTs dan SMPLB ke Penyelenggara UN Tingkat Provinsi paling lambat tanggal 21 Juni 2010.
6. Pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan oleh masingmasing satuan pendidikan paling lambat tanggal 25 Juni 2010.
7. Pengiriman hasil UN Utama untuk SMALB dan SMK ke Penyelenggara Tingkat Provinsi paling lambat tanggal 21 April 2010.
8. Pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan oleh masing-masing satuan pendidikan paling lambat tanggal 26 April 2010.



Banyak informasi tentang pelaksanaan UN utama yang telah terjadi , hal ini penting diketahui oleh semua kalangan sebagai bahan instropeksi bersama-sama baik kalangan pendidikan atau yang lain. Tujuan dilaksanakan Ujian Nasional sebagai penentuan kelulusan siswa salah satunya adalah untuk mempercepat kemajuan pendidikan (Kemajuan bangsa untuk bersaing dengan bangsa lain).
Sebelum berkomentar tentang tujuan UN ini baiknya disimak informasi-informasi berikut :
INFORMASI PERTAMA
Dari harian Kompas
KEDIRI, KOMPAS.com — Pengusutan terhadap beredarnya kunci jawaban ilegal ujian nasional tingkat SMA di Kota Blitar, Jawa Timur, oleh aparat polresta mulai membuahkan hasil. Ternyata, 99 persen kunci jawaban itu cocok dengan hasil pengerjaan soal. Akurasi bocoran kunci jawaban itu diketahui setelah aparat kepolisian membandingkannya dengan hasil pengerjaan soal UN oleh para guru.

"Dari hasil perbandingan tersebut, diketahui bocoran jawaban melalui pesan singkat atau SMS yang beredar, sekitar 99 persen cocok atau sesuai dengan jawaban yang benar menurut pengerjaan para guru yang dikoordinasi pihak dinas pendidikan daerah (dikda)," kata Kasat Reskrim Polresta Blitar Ajun Komisaris Purdiyanto, Minggu (28/3/2010).

Purdiyanto menambahkan, pencocokan memang tidak mungkin dilakukan dengan kunci jawaban UN yang asli. Sebab, kunci jawaban yang asli tidak bisa diminta sembarangan, tetapi harus seizin dinas pendidikan provinsi.
INFORMASI KEDUADari harian Surya
amp;archive=&start_from=&ucat=1&
KLOJEN | Surya - Picu kecurangan dalam ujian nasional (Unas) terus mengemuka. Badan Stan-dardisasi Nasional Pendidikan (BNSP) sudah menyerahkan daftar sekolah curang di Kota Malang yang di dalamnya termasuk sekolah negeri.

Tim Pengawas Ujian Nasonal (Unas) di Kota Malang telah mengantongi sekolah mana saja yang masuk dalam daftar sekolah curang versi BSNP. Menurut koordinator pengawas Unas dari Universitas Brawijaya, Sarwiyono, untuk Kota Malang, baik SMA negeri dan swasta ada yang masuk dalam daftar tersebut. “Daftar itu dibedakan menjadi daftar hitam dan abu-abu. Sekolah yang masuk dalam daftar hitam adalah yang tingkat kecurangannya bisa dibilang tinggi,” ujar Sarwiyono, dalam sosialisasi pengawas Unas beberapa waktu lalu.

Dalam daftar hitam, ada tiga sekolah swasta yang diwaspadai. Sementara untuk daftar abu-abu, kata Sarwiyono, ada 16 sekolah di mana dua di antaranya adalah SMA negeri.

Namun, dosen pertanian UB ini enggan menjelaskan mana saja sekolah negeri tersebut. Yang jelas, lanjutnya, daftar tersebut dikeluarkan BSNP setelah melihat reputasi sekolah tersebut dalam penyelenggaraan Unas tahun lalu. Ada beberapa hal yang membuat sekolah tersebut dicurigai, antara lain, pola siswa menjawab soal banyak yang sama. “Akan ada pengawasan ekstra untuk sekolah tersebut,” kata Sarwiyono.
M. Nuh Dilapori 800 Pelanggaran Ujian Nasional

INFORMASI KETIGA
Kabar Bocoran Soal Dianggap Isu

MALANG - SURYA- Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh mengakui ujian nasional tak bisa lepas dari pelanggaran. Pihaknya sudah menerima 800 laporan pelanggaran dari masyarakat.
Nuh mengatakan, di antara laporan yang banyak diterimanya adalah soal tertukar, peserta Unas yang mencontek, atau amplop soal yang sudah terbuka sebelum Unas dibagikan ke siswa. “Semuanya akan kami verifikasi, dan telusuri di mana sumber kesalahan ini,” kata Nuh, usai berkunjung ke SMAN 5 Jl Tanimbar, Selasa (30/3).

Mendiknas mengatakan, sangat sulit untuk menciptakan Unas bersih 100 persen dari kesalahan. Menurutnya, pelanggaran dan kesalahan adalah sebuah hal yang manusiawi.

Nuh juga mengatakan, adanya berbagai pelanggaran ini, bukan sebuah alasan untuk menghentikan Unas.

“Sampai saat ini, kami masih berpikiran Unas tetap ada untuk tahun depan. Namun, tentunya, standar-standar Unas tahun depan akan kami evaluasi ulang,” tambah Nuh.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Suwanto, mengaku pihaknya tak menemukan adanya pelanggaran serius di Malang maupun daerah lain di Jatim. Suwanto berdalih, kabar bahwa ada beberapa siswa menerima bocoran jawaban, hanyalah sebuah isu.

Namun, Suwanto mendorong aparat kepolisian untuk bisa membuktikan dugaan kebocoran soal, yang terjadi di beberapa wilayah di Jatim.

“Seharusnya, tanpa kita minta pun, mereka akan mengusut ini sampai tuntas. Karena yang bertanggung jawab terhadap naskah soal, dari keluar percetakan sampai pendistribusian, adalah mereka (kepolisian) sendiri,” ujar Suwanto.
INFORMASI-INFORMASI YANG LAIN TENTUNYA BANYAK tapi perlu dirasakan secara mendalam bahwa
" hasil yang baik ditentukan oleh tujuan yang baik dan pelaksanaan yang baik."
yang comments sebelunya Nyach ucapkan terimakasih/maturnuwun/kurre sumanga'

Sumber :
1. http://www.klubguru.com/2-view.php?subaction=showfull&id=1269223209&archive=&start_from=&ucat=1&
2. http://www.klubguru.com/2-view.php?subaction=showfull&id=1269834668&ucat=1&archive=&start_from=&
UNIQUE TRADISIONAL @ INDONESIA, U KNOW ?? KLIK HERE PLEASE

10 komentar:


  1. Akhirnya UAN kelar pak, selamat pak udah PR 1


  1. mohon maaf bila udah komen di blog saya tapi ndak muncul...karena tadi terjadi kesalahan klik hingga beberapa komentar temen tidak sengaja terhapus....mohon di maklumi.....bukan maksud saya lho semua karena keteledoran saya sendiri...bila tidak keberatan saya harapkan komentar ulang nya trims


  1. setiap tahun tambah tinggi aja nilai yg harus dicapai.....
    waktu jaman aku aja cuma 4,25...


  1. kunjungan perdana, salam kenal...
    blognya sudah saya follow, klo berkenan follow balik ya...


  1. saya pasang link aja pak karena banner aku nggak punya, eh iya link list bapak dimana


  1. Wah bagus nih..

    Salam kenal ya n sukses selalu..

    Oh ya nada sudah saya follow..follow balik ya??hehe....


  1. sukses aja deh buat bapak dan murid mruridnya!


  1. BERKUNJUNG MALAM SOBAT SUKSES UNTUK BLOGNYA SALAM HANGAT
    SEE U......


  1. BERKUNJUNG MALAM SOBAT SUKSES UNTUK BLOGNYA SALAM HANGAT
    SEE U......

Powered by Blogger.